Tugas 1 Manajemen proyek dan Risiko

Posted: October 24, 2010 in Tugas
  1. Jelaskan konsep manajemen proyek ?

Jawab :

Manajemen proyek adalah salah satu cara yang ditawarkan untuk maksud pengelolaan suatu proyek, yaitu suatu metode pengelolaan yang dikembangkan secara ilmiah dan intensif sejak pertengahan abad ke-20 untuk menghadapi kegiatan khusus yang berbentuk proyek. (Iman Soeharto, 1999)

Manajemen proyek adalah usaha pada suatu kegiatan agar tujuan adanya kegiatan tersebut dapat tercapai secara efisien dan efektif. Efektif dalam hal ini adalah dimana hasil  penggunaan sumber daya dan kegiatan sesuai dengan sasarannya yang meliputi kualitas, biaya, waktu dan lain-lainnya. Sedangkan efisien diartikan penggunaan sumber daya dan pemilihan sub kegiatan secara tepat yang meliputi jumlah, jenis, saat penggunaan sumber lain dan lain-lain. Oleh sebab itu manajemen proyek pada suatu proyek konstruksi merupakan suatu hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja, karena tanpa manajemen suatu proyek, konstruksi akan sulit berjalan sesuai dengan harapan baik berupa biaya, waktu maupun kualitas

2. Jelaskan karakteristik khusus yang membedakan proyek dari kegiatan rutin lainnya ?

Jawab:

  • Kegiatannya dibatasi oleh waktu; sifat sementara, diketahui kapan mulai dan berakhirnya.
  • Di batasi oleh biaya/budget
  • Di batasi oleh kualitas
  • Biasanya tidak berulang-ulang

Proses perencanaan ( planning ) proyek dapat dikelompokkan menjadi dua tahap, yaitu yang pertama planning dalam garis manajemen konsultan dan yang kedua dalam garis manajemen kontraktor.

Perencanaan yang ditangani oleh konsultan mencakup perencanaan fisik struktur secara terperinci sampai pada perencanaan anggaran biaya dan durasi pekerjaan.

Perencanaan yang ditangani oleh kontraktor mencakup perencanaan metode kontraktor, rencana anggaran dalam pelaksanaan dan perencanaan administrasi lapangan maupun perusahaan.

Metode manajemen proyek yang digunakan oleh pelaksana proyek (kontraktor) baik manajemen pelaksana, manajemen pengawasan, serta manajemen dari organisasi pemilik proyek pada umumnya adalah sama yaitu dengan berpatokan pada laporan-laporan tertulis yang disesuaikan dengan keadaan nyata dilapangan. Laporan-laporan tertulis tersebut bisa berupa laporan harian, laporan mingguan dan lain-lain.

3. Apa yang membedakan proyek teknologi informasi dengan proyek lain pada umumnya ?

Jawab:

Proyek Teknologi Informasi:

  • Proyek IT sangat beraneka ragam berkaitan dengan ukurannya, kompleksitasnya,produk yang dihasilkan, area aplikasi dan sumber daya yang dibutuhkannya.
  • Tim Proyek IT, harus memiliki kemampuan yang beraneka ragam dengan keterampilan yang juga beraneka ragam.
  • Proyek IT harus terus “berjuang” dengan kemajuan teknologi IT yang berkembang dengan pesat.
  • tetap harus ada orang yang ahli di bidang tertentu di bidang IT.

Proyek sistem informasi dibandingkan dengan proyek bidang lain adalah sebagai berikut :
1.  Memiliki tujuan untuk menghasilkan produk yang bersifat intangible seperti perangkat lunak, database, jaringan yang sulit untuk mengukur nilai manfaat dari produk tersebut.
2.  Melibatkan teknologi yang sangat cepat usang, karena perkembangan yang sangat cepat.
3.  Membutuhkan beragam sumber daya manusia dengan keahlian dan kompetensi yang beragam.
4.  Ukuran yang dijadikan standar sulit dibakukan, karena sulit mengukur kualitas yang dimengerti berbagai pihak secara seragam.

4. Berikan contoh nyata 1 dari jenis proyek teknologi informasi yang dilaksanakan oleh pemerintah atau organisasi bisnis. Deskripsikan dengan jelas contoh tersebut ?

Jawab:

  • Proyek sistem informasi untuk mendukung pelaksanaan PEMILU.

Dari sekian banyak masalah pada PEMILU yang terungkap dimedia massa negeri ini, masalah yang paling signifikan dan menjadi sorotan banyak pihak adalah mengenai pehitungan suara. Mulai dari masalah DPT (Daftar Pemilih Tetap) sampai dengan masalah perhitungan suara TPS, dipelosok daerah negeri ini sampai dengan perhitungan suara yang ada di Jakarta.

Metode komputerisasi (TI) yang diterapkan dan digunakan oleh KPU demi mendapatkan hasil seakurat dan secepat mungkin, nampaknya juga tidak terlalu membantu. Hal ini dapat kita simak dari banyaknya keluhan atas kelambatan situs internet yang dikelola oleh KPU dalam menyajikan data perhitungan kepada khalayak umum.

Hal tersebut tentu tidak dapat dijawab dengan mudah dan sederhana. Karena banyak aspek dan hal yang melatarbelakangi mengapa pertanyaan-pertanyaan seperti itu muncul. Banyak hal pula yang membuat sistem komputerisasi KPU tidak ‘matang’. Secara pribadi, saya yakin sekali, bahwa kawan-kawan pelaksana gugus tugas Teknologi Informasi di KPU sudah berupaya yang terbaik yang mereka bisa lakukan. Dengan segala kerumitan, tekanan publik, tekanan agar harus akurat dan cepat, dll, mereka dengan caranya tersebut telah melakukan tugasnya. Walaupun hasilnya masih belum memuaskan banyak pihak.

TI mulai benar-benar dipandang sebagai sebuah komponen yang penting dalam pelaksanaan PEMILU. Pada PEMILU tahun 2010, dapat kita perhatikan peran TI yang sangat signifikan. Walaupun tetap ada kekurangan disana dan disini, fungsi TI pada PEMILU 2010 secara keseluruhan dapat dikategorikan berhasil.

Ketika kita bicara TI, maka sebenarnya kita bicara mengenai beberapa sub-bidang keilmuan lagi didalam. Dalam TI ada unsur Infrastruktur (jaringan fisik, jaringan telekomunikasi dan data, perangkat keras dan perangkat lunak), Development (pengembangan perangkat lunak), serta Manajemen.

Ketiga hal penting tersebut, saling terkait satu dengan yang lainnya. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak melibatkan ketiga hal tersebut ketika kita bicara mengenai pekerjaan TI sebesar, sepenting dan sekhusus pekerjaan TI untuk PEMILU. Manajemen yang dimaksud diatas adalah Manajemen Proyek. Pelaksanaan mulai dari persiapan hingga eksekusi adalah merupakan satu kesatuan dalam Manajemen Proyek. Mengapa demikian? Karena sifat PEMILU yang sementara dan hanya dilangsungkan dalam kurun waktu 5 tahun sekali.

Hal-hal yang terlibat didalam Manajemen Proyek itu antara lain adalah:

- Durasi (Time Frame)
- Tenaga Kerja (Work Force)
- Tugas Pekerjaan (Task)
- Resiko (Risk)
- Portfolio
- Kolaborasi (Collaboration)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s